Profile photo of akhmad46

REAL WORLD CASE 3: Sew What? Inc.: The Role of Information Technology in Small Business Success

REAL WORLD CASE 3:

Sew What? Inc.:

The Role of Information Technology in Small Business Success

 I. PENDAHULUAN

 1.1.      Latar Belakang

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, memudahkan user meningkatkan kegunaan dari suatu sistem informasi yang dimilikinya. Selain sistem informasi yang mudah digunakan, hal itu juga meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, sehingga akhirnya akan meningkatkan produktivitas. Perkembangan teknologi informasi ini memperlihatkan bermunculannya berbagai jenis kegiatan yang berbasis kepada teknologi atau kegiatan yang berbasis elektronik.

Teknologi informasi, termasuk penggunaan internet, menjadi sebuah keharusan dan memainkan peranan yang penting dalam sebuah bisnis. Teknologi informasi dapat digunakan mulai dari pengembangan produk, hubungan pelanggan, transaksi e-commerce, pemasaran, dan/atau aktivitas bisnis lainnya. Dengan memanfaatkan teknologi informasi, sebuah perusahaan dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses bisnisnya, termasuk di dalamnya integrasi antar bagian dan pengambilan keputusan manajerial. Dengan kata lain, penerapan teknologi informasi merupakan hal yang penting untuk menunjang kesuksesan perusahaan dalam persaingan global saat ini.

Pemanfaatan teknologi informasi dalam kaitan dengan pemasaran dilakukan untuk meningkatkan peluang pasar dan memperluas jangkauan produknya. Hal ini dapat dilakukan oleh perusahaan skala kecil dan menengah sesuai dengan anggaran/budget yang ada. Hal ini seperti yang dilakukan oleh Sew What? Inc. yang berawal dari industri skala rumahan dengan 35 orang karyawan. Sew What? Inc. memanfaatkan teknologi informasi dengan membuat website yang akhirnya dapat meningkatkan penjualannya dari tahun ke tahun, bahkan hingga 65% dari tahun sebelumnya. Dengan situs yang ada, perusahaan dianggap memiliki kredibilitas dan data/informasi yang ada dapat diakses oleh semua orang di seluruh dunia. Dengan demikian perusahaan dapat berkembang dan mampu bersaing secara global.

1.2.      Tujuan

Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui :

  1. Kontribusi dari pemanfaatan teknologi informasi terhadap kesuksesan Sew What? Inc.
  2. Pemanfaatan teknologi informasi di masa yang akan datang untuk menjadikan Sew What? Inc. lebih berhasil dalam bisnisnya.
  3. Bagaimana pemanfaatan teknologi informasi oleh perusahaan kecil agar lebih berhasil.

 

II. TINJAUAN PUSTAKA

2.1.      Teknologi Informasi

Teknologi informasi merupakan teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu (Wardiana, 2002). Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi komunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.

Haag dan Keen (1996) mendefinisikan  teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. Martin (1999) menambahkan  teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi computer yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi. Willams dan Sawyer (2003) mengartikan teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (computer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.[1]

2.2.      Sistem Informasi[2]

Suatu sistem informasi (SI) dapat berupa kombinasi terorganisir dari orang, hardware, software, jaringan komunikasi, sumber data, dan kebijakan dan prosedur yang menyimpan, mengambil, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi. Orang mengandalkan pada sistem informasi modern untuk berkomunikasi dengan satu sama lain menggunakan berbagai perangkat fisik (hardware), instruksi pemrosesan informasi dan prosedur (perangkat lunak), saluran komunikasi (jaringan), dan penyimpanan data (sumber data).

Meskipun jumlah aplikasi perangkat lunak terus bertambah, ada tiga alasan mendasar untuk semua aplikasi bisnis teknologi informasi. Mereka ditemukan dalam tiga peran penting bahwa sistem informasi dapat melakukan untuk sebuah perusahaan bisnis:

  • Mendukung proses bisnis dan operasi.
  • Mendukung pengambilan keputusan oleh karyawan dan manajer.
  • Mendukung strategi untuk keunggulan kompetitif

2.3.      e-business

Secara umum, e-business dapat diterjemahkan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan teknologi elektronik atau sistem informasi komputer. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.[3]

Menurut O’Brien (2011), e-business dapat didefinisikan sebagai penggunaan teknologi internet untuk bekerja dan memberdayakan proses bisnis, e-commerce, dan kolaborasi perusahaan dalam perusahaan dengan pelanggan, pemasok, dan pemangku kepentingan bisnis lainnya. Pada dasarnya, e-business dapat lebih dianggap sebagai pertukaran nilai (value) secara online.

2.4.      e-commerce

E-commerce adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penjualan barang dan jasa melalui Internet. Dalam pengertian yang paling umum, hanya menciptakan situs Web yang mengiklankan dan mempromosikan produk dapat dianggap “e-commerce.” Dalam beberapa tahun terakhir, bagaimanapun e-commerce telah menjadi jauh lebih canggih. Bisnis e-commerce sekarang menawarkan toko online yang rumit di mana pelanggan dapat mengakses ribuan produk, pemesanan, pilih metode pengiriman yang diinginkan dan membayar untuk pembelian menggunakan kartu kredit mereka.[4]

Sedangkan menurut O’Brien (2011), E-commerce adalah pembelian, penjualan, pemasaran, dan pelayanan produk, layanan, dan informasi melalui berbagai jaringan komputer. Banyak perusahaan sekarang menggunakan internet, intranet, extranet, dan jaringan lain untuk mendukung setiap langkah dari proses komersial, termasuk segala sesuatu dari dukungan iklan, penjualan, dan pelanggan di World Wide Web untuk keamanan Internet dan mekanisme pembayaran yang memastikan penyelesaian pengiriman dan proses pembayaran. Sebagai contoh, sistem e-commerce termasuk situs Web Internet untuk penjualan online, akses ke database persediaan extranet oleh pelanggan besar, dan penggunaan intranet perusahaan dengan tenaga penjualan untuk mengakses catatan pelanggan untuk manajemen hubungan pelanggan.

 2.5.      Website

Website adalah hypertext untuk menampilkan data berupa teks, gambar, bunyi, animasi dan data multimedia lainnya, yang diantara data tersebut saling berhubungan satu sama lain. Untuk memudahkan membaca data dan informasi tesebut digunakan sebuah web browser seperti Internet Explorer atau Mozilla FireFox.[5] Sedangkan bila secara terminologi pengertiannya adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, dimana didalamnya terdapat sebuah domain dan dan sub domain.

 III. Sew What? Inc.

3.1.      Profil Sew What? Inc.

Apa kesamaan antara Sting, Elton John, dan Madonna? Selain sebagai bintang rock dengan reputasi internasional, mereka semua menggunakan latar belakang teatrikal yang didesain dan diproduksi oleh Sew What? Inc. yang berbasis di Rancho Dominguez, California. Sew What? menyediakan bahan dan desain kustom untuk tirai teatrikal baik untuk panggung, konser, peragaan busana, dan even khusus di seluruh dunia dan telah menjadi pemimpin pasar dalam dunia musik rock & roll.

Didirikan pada tahun 1992 oleh Megan Duckett yang berkebangsaan Australia, Sew What? berkembang dan beroperasi dari sebuah dapur dan garasi kecil hingga menjadi perusahaan yang bernilai jutaan dollar, dikarenakan Duckett yang selalu melakukan pendekatan terhadap kepuasan pelanggan. Begitu Duckett menemui masalah, dia tidak akan mundur. Dia akan mencari jalan untuk mengatasi masalah tersebut dan berusaha bekerjasama dengan semua orang yang dikenalnya.

Apakah yang menjadikan sebuah bisnis bagi seorang wanita yang dimulai dari dapur dan berkembang menjadi perusahaan bernilai jutaan dollar dengan 35 pekerja?. Atribut yang menjadi kunci sukses bagi seorang Megan Duckett dimulai dari kerja keras, kualitas pengerjaan, dan terutama teknologi informasi.

Sew What? dalam beberapa tahun terakhir mengalami pertumbuhan yang amat pesat, dimana penjualan per tahun mencapai $ 4 juta pada akhir tahun 2006. Presiden perusahaan Duckett menyatakan bahwa tumbuh pesatnya perusahaan karena kemampuannya dalam memanfaatkan teknologi informasi dan internet dalam meningkatkan penjualan. Perusahaan ini memasang website agar lebih dikenal oleh masyarakat. Terbukti dengan sebelum memasang website perusahaan, sewwhatinc.com, bisnis Sew What? hanya untuk lokal, namun setelah mempunyai website yang telah di publish pada tahun 2003, Sew What?  memiliki klien hampir diseluruh dunia. Kenyataannya, setiap tahun  pendapatan meningkat 45%, dan untuk tahun 2006 ini perusahaan dapat menikmati penjualan sebesar 65% lebih tinggi dari penjualan tahun 2005. Dan semua penjualan ini berasal dari penjualan melalui web.

Meskipun penggunaan website menjadi perhatian utama, mengatur semua bisnis dalam sebuah situs memerlukan banyak usaha di balik layar. Secara khusus, Duckett bergantung pada infrastruktur teknologi informasi yang membantu perusahaan supaya berjalan dengan lancar. Duckett menyatakan bahwa Sew What? Inc adalah perusahaan customer centric. Menjadi suatu hal yang sangat penting untuk memiliki back-office teknologi informasi yang sangat baik dalam mengelola bisnis dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya.

Sew What? Menjalankan sebagian besar bisnisnya dengan Intuit’s Quick Books Enterprise Solution Manufacturing dan Wholesale Edition Software dan Microsoft’s Windows Server dengan sistem operasi yang terpasang pada server Dell PowerEdge 860, didukung dengan prosesor Intel Xeon dan kapasitas penyimpanan harddisk sebesar 146 GB. Menurut Duckett, “Menjalankan bisnis membutuhkan banyak penyimpanan. Selain membutuhkan informasi pelanggan dan file operasional dan keuangan QuickBooks yang vital, kami membutuhkan penyimpanan untuk jutaan ribu file gambar gorden dan kain, file dokumen instruksi konsumen, dan jenis data yang lain.” Komputer pendukung tambahan Sew What? didukung server Dell PowerEdge 500 yang didedikasikan untuk aplikasi lebih kecil dengan berbagai sistem PC Dell desktop bagi karyawan.

Sew What? dimulai pada tahun 1992 sebagai usaha paruh waktu, dimana Duckett menjahit dan memotong kain di atas meja dapurnya. Dia mulai purna waktu pada tahun 1997 dan mendirikan perusahaan pada tahun 1998. Teknologi memainkan peran yang penting dalam menjalankan keberhasilan bisnis kecil rumahan pada saat dia kehilangan kontrak yang besar. Klien potensial mengatakan bahwa tanpa website, perusahaannya “Tidak memiliki kredibilitas.” “Sebelum kehilangan kontrak, saya berpikir bahwa saya menjalankan bisnis menjahit, pondok kerajinan. Saya tidak membutuhkan website.” Katanya. Duckett mengakui dia agak sombong, terutama karena bisnisnya tumbuh cukup baik yang dipromosikan dari mulut ke mulut. “Saya cepat belajar dari kesalahan dan berpikir. Kamu tidak bisa memiliki sikap seperti itu dan bertahan,” akunya.

Kehilangan kontrak juga bertepatan dengan periode pertumbuhan yang rendah antara tahun 2001 dan 2002. Saat itulah Duckett memutuskan untuk menggunakan teknologi. Menggunakan Microsoft Publisher, dia merancang dan membangun websitenya sendiri. “Anda berusaha mencari hal-hal baru dan belajar bagaimana melakukannya sendiri ketika anggaran tipis”, pengakuannya.

Duckett tetap bekerja untuk meningkatkan situsnya dan membuatnya semakin baik bagi pelanggannya. Setahun kemudian, dia merasa bahwa situsnya membutuhkan sesuatu yang baru, dia mengikuti kursus di Dreamweaver selama 10 minggu untuk membangun kembali situsnya secara lengkap. Perbaikan website membantu Sew What? tumbuh menjadi perusahaan dengan konsumen diseluruh dunia dan daftar klien termasuk para bintang rock internasional, Gucci, dan majalah Rolling Stone.

Pada tahun 2005, Duckett memutuskan untuk mengembangkan navigasi situsnya karena “Saya ingin situs yang indah dan menyediakan suatu pengalaman konsumen yang benar-benar bagus. Hal itu berada diluar kemampuan saya, sehingga kami menyewa perusahaan konsultasi pemasaran web untuk membangun sistem navigasi kustom untuk situs kami.”

Dia bekerja dengan ‘senjata sewaan’ untuk branding, optimisasi mesin pencari, desain keseluruhan, dan layout situs. Duckett masih tetap menyediakan semua konten, termasuk gambar dan teks. Mereka juga memiliki situs dalam versi bahasa Spanyol, dan fitur pencarian termasuk varian ejaan bagi negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris. Sebagai contoh, anda dapat mencari ejaan Amerika untuk ‘theater’ atau ‘theatre’ pada versi Australia dan Inggris.

Situs ini juga mengijinkan pelanggan potensial meninjau semua jenis warna contoh kain dan mengajar mereka bagaimana menghitung pengukuran proyek yang akurat; perbedaan antara scrim, tormentor, dan traveler curtain; perawatan yang tepat dan menyediakan berbagai jenis bahan kain; dan banyak lagi.

Ketika membaca situs web Dell suatu hari, Duckett melihat sebuah artikel berita mengenai Penghargaan Dell/NFIB Small Business Excellence Award. Federasi Nasional Bisnis Mandiri (NFIB) dan Perusahaan Dell Inc. mempersembahkan hadiah tahunan untuk satu usaha kecil untuk inovasi yang menggunakan teknologi untuk meningkatkan pengalaman konsumen. Pemenangnya akan menerima produk dan service dari Dell senilai $ 30.000, menjadi anggota NFIB seumur hidup, dan kesempatan satu hari berada di kantor pusat Dell bersama dengan Michael Dell dan senior eksekutif lainnya.

            “Deskripsi tentang bisnis yang mereka cari sesuai dengan Sew What?”. Duckett menyadari, “Semua yang mereka cari, sudah saya lakukan, jadi saya putuskan untuk mengikutinya. Suami saya (sekaligus mitra bisnis) menertawakan saya dan mengingatkan saya bahwa saya tidak akan memenangkan apapun.” Menulis esai untuk kontes menyebabkan Duckett merenungkan semua yang dia dan karyawannya telah capai selama bertahun-tahun. “Kami melihat ke belakang dan merasa sangat bangga terhadap diri kami. Hanya dengan proses itu sudah cukup untuk menggiatkan semua orang dalam rapat produksi mingguan.”

            Para juri juga mengakui komitmen Megan Duckett untuk memuaskan konsumennya dan menggunakan teknologi informasi untuk kesuksesaan bisnis, sehingga mereka menganugerahkan penghargaan kepada Sew What? dengan Small Business Excellence Award. Memenangkan penghargaan terbuki menjadi pengalaman yang sangat emosional. Melihat kemampuan dan pencapaian dari sembilan finalis lainnya, Duckett pikir Sew What? hanya akan menjadi finalis 10 besar. “Saya tidak percaya bahwa sebuah perusahaan besar seperti Dell – sangat berjiwa kewirausahaan dan maju dalam berbagai hal – mau melihat perusahaan kecil dan mengenalinya.”

            Seperti pemilik bisnis kecil lainya, Duckett  mengeluarkan  energi yang besar baik fisik dan emosional  dalam pekerjaannya. “Memenangkan penghargaan ini begitu tinggi dalam tingkatan pribadi,” katanya. Bisnis ini telah mendarah daging di setiap sel dalam tubuh saya, dan untuk memiliki seseorang yang mengatakan ‘kerja bagus’, di dalam bisnis kecil, tidak ada orang yang mengatakan itu pada anda”.

            Seperti telah diungkapkan sebelumnya, penggunaan teknologi membawa kesuksesan bisnis perusahaan Sew What? terus mendapat pengakuan. Pada Maret 2007, perusahaan ini menerima Stevie Award untuk Perempuan dalam Bisnis untuk “Most Innovative Company of the Year” diantara mereka yang memiliki sampai 100 karyawan. Beberapa bulan sebelumnya, Sew What? menerima SMB 20 Award dari PC Magazine, yang menghargai 20 teknologi paling inovatif bisnis skala kecil maupun menengah setiap tahunnya. “Bisnis kecil dan menengah memimpin ekonomi saat ini.  Namun, seringkali mereka tidak mendapat perhatian dan pengakuan yang sepantasnya mereka terima.,” kata Pimpinan Editor PC Magazine, Jim Louderback. “Kami ingin menyorot kerja keras, kepemimpinan teknologi dan semangat inovatif dari ribuan perusahaan bisnis kecil dan menengah di seluruh dunia.”

Duckett berencana menggunakan hadiah yang dimenangkannya untuk menambah sebuah sistem bar code yang dapat melacak proses manufaktur dalam gudang perusahaan. Dalam bisnis kain, kain disimpan dalam gulungan di gudang dan bergerak dalam tahapan yang berbeda: penerimaan, pemotongan, penjahitan, pembentukan, dan sebagainya. Proses scaning/pemindaian akan memungkinkan tim Duckett untuk melacak berapa lama kain berada dalam tahapan tertentu. Data ini akan memberikan masukan yang lebih baik mengenai biaya, yang kemudian akan membantu mereka menghasilkan daftar harga yang akurat.

Kita tidak perlu membayar satu setengah jam untuk pegawai jika proses pemotongan kain hanya membutuhkan waktu satu jam 15 menit.” catat Duckett. Saat ini, perusahaan menggunakan sistem tulisan tanda tangan pada lembaran  masuk dan keluar, dia mengatakan ini membutuhkan waktu terlalu lama dan memiliki banyak kesalahan. “Sistem yang baru akan membiarkan kita melacak kemajuan pengiriman individu,” janjinya. “ Kami pastinya akan memberikan pelayanan yang lebih baik dengan memberikan pelayanan yang terbaru kepada konsumen.”

 3.2.      Kasus

  1. Bagaimana teknologi informasi memberikan kontribusi bagi keberhasilan bisnis Sew What Inc.? Berikan beberapa contoh pada  kasus ini mengenai nilai bisnis teknologi informasi yang menunjukkan kesimpulan ini.
  2. Jika Anda seorang konsultan manajemen untuk Sew What? Inc., apa yang akan Anda sarankan untuk dilakukan Megan Duckett saat ini untuk menjadi lebih sukses dalam bisnis. Apa peran teknologi informasi yang akan anda ajukan dalam proposal Anda? Berikan rekomendasi yang spesifik!
  3. Bagaimana penggunaan teknologi informasi dapat membantu bisnis kecil menjadi lebih sukses? Berikan beberapa contoh untuk mendukung jawaban Anda.

 

IV. PEMBAHASAN

 A.        Kontribusi Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Sew What? Inc.

Dalam sebuah bisnis dengan skala kecil, Teknologi Informasi sangat penting untuk pertumbuhan perusahaan. Megan Duckett adalah pendiri Sew What? Inc. yang awalnya adalah industri rumahan, menggunakan dapur dan garasi sebagai tempat kerjanya. Tujuan dari Duckett adalah untuk memberikan pendekatan yang lebih sempurna untuk kepuasan pelanggan, dan mengatasi tantangan yang mereka hadapi melalui TI (Teknologi Informasi).

Melalui sejarah bisnis kecil Duckett, teknologi informasi memainkan peran penting di dalam kredibilitas perusahaannya. Dengan selalu mengutamakan kepuasan pelanggan, TI membantu menjaga pelanggannya dengan customer centric.

Setelah kehilangan salah satu kontrak terbesarnya, salah satu klien potensialnya mengatakan bahwa tanpa website, perusahaannya “Tidak memiliki kredibilitas.” “Sebelum kehilangan kontrak, saya berpikir bahwa saya menjalankan bisnis menjahit, pondok kerajinan. Saya tidak membutuhkan website.” katanya.

Setelah meluncurkan website mereka pada tahun 2005 bisnis mereka menanjak. Sew What? dalam beberapa tahun terakhir mengalami pertumbuhan yang amat pesat, dimana penjualan per tahun mencapai $ 4 juta pada akhir tahun 2006. Presiden perusahaan Duckett menyatakan bahwa tumbuh pesatnya perusahaan karena kemampuannya dalam memanfaatkan teknologi informasi dan internet dalam meningkatkan penjualan. Terbukti dengan sebelum memasang website perusahaan, sewwhatinc.com, bisnis Sew What? hanya untuk lokal, namun setelah mempunyai website yang telah diluncurkan pada tahun 2003, Sew What? memiliki klien hampir diseluruh dunia. Kenyataannya, setiap tahun  pendapatan meningkat 45%, dan untuk tahun 2006 ini perusahaan dapat menikmati penjualan sebesar 65% lebih tinggi dari penjualan tahun 2005. Dan semua penjualan ini berasal dari penjualan melalui web.

Pada tahun 2005, Duckett memutuskan untuk mengembangkan navigasi situsnya karena “Saya ingin situs yang indah dan menyediakan suatu pengalaman konsumen yang benar-benar bagus. Hal itu berada diluar kemampuan saya, sehingga kami menyewa perusahaan konsultasi pemasaran web untuk membangun sistem navigasi kustom untuk situs kami.”

Dia bekerja dengan ‘senjata sewaan’ untuk branding, optimisasi mesin pencari, desain keseluruhan, dan layout situs. Duckett masih tetap menyediakan semua konten, termasuk gambar dan teks. Mereka juga memiliki situs dalam versi bahasa Spanyol, dan fitur pencarian termasuk varian ejaan bagi negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris. Sebagai contoh, anda dapat mencari ejaan Amerika untuk ‘theater’ atau ‘theatre’ pada versi Australia dan Inggris.

Melalui studi kasus ini kita mengerti bahwa sangat penting untuk mengelola kepuasan pelanggan melalui TI. Pendekatan kepuasan pelanggan melalui TI memberikan Sew What? Inc adalah kesempatan besar untuk tumbuh dalam bisnis kecil, dalam dunia bisnis besar.

 B.        Pemanfaatan Teknologi Informasi di Masa Yang Akan Datang untuk Sew What? Inc.

Sendainya saya sebagai konsultan untuk Sew What? Inc., saya menganjurkan kepada Megan Duckett beberapa hal berikut ini:

  1. Meningkatkan jumlah tenaga kerja pemasaran dan melengkapi mereka dengan segala macam informasi untuk beroperasi dengan lancar. Pemasaran adalah suatu tugas berat dan membutuhkan informasi yang harus dikelola dengan baik dan sistem komunikasi yang hanya mungkin melalui penggunaan teknologi informasi yang efektif. Hal ini dikarenakan pemasaran adalah salah satu aspek penting dari organisasi bisnis saat ini. Pelanggan saat ini tidak datang kepada kita untuk menemukan produk, dan pasar telah begitu kompetitif sehingga produk perlu menemukan pelanggan dan itulah apa yang dapat dilakukan oleh pemasaran.
  2. Sew What? Inc. telah memiliki situs/website yang akan terus dikembangkan oleh pemiliknya. Selain dengan penggunaan website, sebaiknya perusahaan memanfaatkan situs jejaring sosial yang sangat populer saat ini. Hal itu akan menguntungkan bagi bisnis jika mereka mulai mempromosikan hal itu melalui situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, dan lain lain.
  3. Sew What? Inc. telah berada di bisnis gorden begitu lama dan sekarang saatnya mereka harus memperluas wilayah kerja mereka. Mereka telah menikmati pertumbuhan karena adanya informasi dan penelitian yang mereka kumpulkan, maka mereka bisa mengusahakan tentang menyediakan bahan baku untuk jenis yang sama dalam bisnis lainnya. Mereka bisa meregangkan organisasi dan meluncurkan lini pakaian mereka sendiri setelah penelitian pasar yang tepat. Teknologi informasi dapat membantu mereka untuk mengetahui secara rinci tentang bagaimana untuk memulai dan apa untuk memulai.
  4. Melakukan e-business. Semua kegiatan bisnis dilakukan secara otomatis dan/atau semiotomatis dengan menggunakan teknologi elektronik atau sistem informasi computer, termasuk di dalamnya kegiatan e-commerce. Dengan e-business, memungkinkan perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. Selain itu e-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik. Dengan melakukan e-business kegiatan bisnis akan terintegrasi secara baik sehingga proses produksi dapat berjalan efektif dan efisien. Dalam melakukan e-business, perusahaan dapat menerapkan beberapa integrasi atas proses bisnisnya, misalnya Enterprise Resources Planning (ERP), Customer Relationship Management (CRM), dan Supply Chain Management.

C.        Pemanfaatan Teknologi Informasi oleh Bisnis Kecil agar Berhasil

Dengan memanfaatkan teknologi, khususnya internet, usaha dengan skala kecil dapat lebih cepat dikenal oleh masyarakat luas. Informasi produk dapat diakses dengan mudah oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Dengan teknologi internet, biaya promosi akan jauh lebih murah dibandingkan promosi konvensional. Hanya patut diingat, kecepatan sebaran berita di internet sangat cepat, sehingga perusahaan harus menjaga tetap kualitas dari produk dan layanan yang dihasilkan. Sekali terperosok, perusahaan tidak akan mempunyai kredibilitas dan akan segera ditinggalkan oleh konsumen.

Pemanfaatan teknologi banyak memberikan keuntungan kepada bisnis dengan skala kecil. Hal ini dapat dilihat dengan semakin banyaknya usaha kecil yang melakukan penawaran online yang menunjukkan bahwa dengan berjualan online dapat meningkatkan keuntungan,  karena pangsa pasar semakin luas serta biaya promosi yang dapat diminimalkan oleh bisnis kecil.

Beberapa usaha kecil yang melakukan e-commerce diantaranya adalah RajaGrosir.com (www.rajagrosir.com), yang merupakan distributor untuk washing ball. Untuk ke depannya, pengelola situs akan terus menambah produk yang ada di toko online-nya. Selain itu dapat dilihat pula situs produsen boneka horta (http://www.kioshorta.web.id/; http://www.hortadoll.blogspot.com/) yang juga menyertakan kegiatan promosi dan pemasaran dalam jejaring sosial seperti facebook dan twitter.

 

KESIMPULAN DAN SARAN

A.        KESIMPULAN

Pemanfaatan teknologi informasi tidak hanya dilakukan oleh perusahaan dengan skala besar, tetapi dapat juga dilakukan oleh perusahaan dengan skala kecil. Hal ini dapat dilihat pada Sew What? Inc. yang berawal dari industri rumahan dengan skala lokal menjadi perusahaan dengan penjualan jutaan dollar dan terkenal secara global dengan konsumen diseluruh dunia dimana kliennya diantaranya adalah para bintang rock internasional, Gucci, dan majalah Rolling Stone.

B.        SARAN

            Bisnis dengan skala usaha kecil harus memanfaatkan teknologi informasi untuk mempromosikan produk yang dijualnya. Selain memanfaatkan website, jejaring sosial seperti facebook atau twitter merupakan suatu hal yang minimal dimiliki untuk pemasaran sebuah produk. Dengan memanfaatkan teknologi informasi, biaya pemasaran akan lebih murah dan produk dapat lebih cepat dikenal karena data yang tersedia dapat diakses oleh siapapun.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Anonim. Pengertian Teknologi Informasi. http://id.shvoong.com/society-and-news/2012515-pengertian-teknologi-informasi/#ixzz1eCPD3qNM. Diakses tanggal 20 November 2011.

O’Brien, J A & Marakas, G M. 2011. Management Information Systems Tenth Edition. MgGraw-Hill Inc, New York.

Smart Click. Pengertian Website dalam Internet. http://www.g-excess.com/168/pengertian-website-dalam-internet/. Diakses tanggal 20 November 2011.

Wardiana, Wawan. 2002. Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia. http://eprints.rclis.org/bitstream/10760/6534/1/WAWAN_PERKEMBANGAN_TI.pdf. Diakses tanggal 20 November 2011.

Pengertian e-business. http://ewawan.com/pengertian-e-business-atau-definisi-e-business.html. Diakses tanggal 20 November 2011.

Pengertian e-commerce. http://mrifai.com/ecommerce/pengertian-e-commerce/. Diakses tanggal 20 November 2011.


[1] www.id.shvoong.com

[2] O’Brien (2011)

[3] http://ewawan.com/pengertian-e-business-atau-definisi-e-business.html

[4] http://mrifai.com/ecommerce/pengertian-e-commerce/

[5] Smart Click

 

Untuk mengunduh, silakan klik link berikut:

Sew What Inc – R. Akhmad Rival.docx

Sew What Inc – R. Akhmad Rival.pdf

No Comments

Skip to toolbar