Profile photo of akhmad46

Chocolate Wars

R. Akhmad Rival

Based on lecture by Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan MSc

Marketting class R-46, Master of Management, Graduate Program of Management and Business Bogor Agricultural University (Institut Pertanian Bogor-IPB), Indonesia

Berdasarkan analisa mengenai kasus pada “Chocolate War”,  antara Heskey dan M&M dan analisis berdasarkan buku Manajemen Pemasaran Strategik, mengenai Bab 7. Pemasaran Strategis untuk Pertumbuhan Perusahaan dan Penciptaan Nilai bagi Pemegang Saham dan Bab 8. Perencanaan Pasar Strategis, didapatkan hasil sebagai berikut:

Bab 7. Pemasaran Strategis untuk Pertumbuhan Perusahaan dan Penciptaan Nilai bagi Pemegang Saham. Poin-poin yang akan di bahas adalah:

  1. Keputusan produk. Pada awalnya, Hershey berusaha dalam industri karamel. Ia memutuskan untuk beralih ke industri coklat setelah melihat pameran pembuatan coklat dari Jerman. Pada saat itu hanya sedikit orang Amerika yang pernah merasakan coklat, apalagi coklat dengan susu. Hershey berhasil membuat coklat yang dikenal dengan selera Amerika. Setelah itu mulai diikuti produk lainnya dengan inovasi baru. Saat Hershey memproduksi coklat dalam batang, muncul Mars dengan produk yang hampir sama tetapi dalam bentuk keping.
  2. Fokus Strategi. Menetapkan arah pemasaran dengan cara meningkatkan penjualan dan meningkatkan produktivitas
  3. Keputusan harga. Harga coklat Hershey berkisar $1 sementara coklat lain bisa $3 satu pak.
  4. Keputusan promosi. M&M merupakan perusahaan pertama yang melakukan promosi melalui iklan dan membuat ikon kartun untuk produknya, serta melakukan pemasaran door to door. Hershey mau tak mau akhirnya melakukan promosi melalui iklan juga.
  5. Target kompetitor. Setelah kemunculan M&M, Hershey dan M&M saling menjadi pesaing. Masing-masing pihak berusaha untuk memahami kompetitornya dan mulai menentukan rencana untuk mengantisipasi dan merespons ancaman pesaing.
  6. Target konsumen. Hershey berhasil memikat hati rakyat Amerika sebagai Selain konsumen masyarakat biasa, Hershey dan Mars melakukan pengadaan cokelat untuk militer yang berperang pada saat perang dunia. Konsumen militer ini merupakan pasar yang besar sehingga diperebutkan oleh Hershey dan M&M’s.

 

Bab 8. Perencanaan Pasar Strategis

Perusahaan Hershey yang memproduksi coklat awalnya merupakan usaha keluarga. Usahanya diawali dengan pembuatan karamel. Milton Hershey memulai usaha coklat di Amerika yang sebelumnya kurang dikenal di Amerika. Beliau berhasil membuat coklat dengan selera Amerika. Awalnya pemasaran dilakukan secara tradisional. Berbagai perubahan dalam proses produksi menghasilkan kuantitas yang makin besar.

Pabrik cokelat Hershey selesai dibangun tahun 1905, dan dilengkapi dengan teknik produksi permen cokelat secara massal. Pabrik cokelat Hershey dekat dengan sumber susu karena berada di tengah-tengah daerah peternakan. Selain itu Hershey membangun infrastruktur seperti transportasi, perumahan, toko-toko, gereja, dan mendirikan sekolah. Hershey terus bereksperimen dan menyempurnakan proses pembuatan cokelat susu dan berhasil memproduksi berbagai macam jenis coklat.

M&M merupakan perusahaan yang berdiri dan dipelopori oleh salah satu petinggi di Hershey. M&M mendapatkan bahan baku cokelat dari Hershey, bahkan menjadi pelanggan terbesar dari Hershey. M&M mencoba untuk memproduksi bahan baku coklat sendiri. M&M memiliki perencanaan pasar strategis dengan memberikan cokelat-cokelat dengan warna-warna yang lebih menarik dan inovasi pada produknya yang lebih bervariatif. M&M bahkan membuat iklan dan tokoh kartun yang berhasil meningkatkan penjualan coklatnya dan memiliki tempat di hati konsumennya.

Hershey menjawab persaingan itu dengan mencoba menjadi salah satu sponsor dalam film ET garapan sutradara Steven Spielberg. Film itu menuai sukses begitu juga dengan coklat Hershey, padahal sebelumnya film itu ditolak untuk disponsori oleh M&M.

No Comments

Skip to toolbar